Bab 19: Topik Khusus Dalam Pemodelan Rea

Bab ini memperluas konsep dasar REA ke berbagai jenis dan siklus bisnis lainnya. Dimulai dengan memeriksa beberapa model yang lebih kompleks pada siklus pendapatan dan pengeluaran, termasuk beberapa aktivitas tambahan secara khusus dijalankan oleh para pengusaha pabrik dan distributor serta situasi-situasi lainnya. Kemudian membahas beberapa tambahan untuk model REA dasar. Selanjutnya menjelaskan cara memodelkan aktivitas bisnis dasar dalam siklus produksi, sumber daya manusia (SDM), dan pembiayaan. Semua itu diringkas dengan menyajikan sebuah model REA terintegrasi komprehensif yang menggabungkan berbagai topik yang disajikan dalam bab ini.

TOPIK PEMODELAN SIKLUS PENDAPATAN DAN PENGELUARAN TAMBAHAN
Berikut ini disajikan diagram REA yang memasukkan peristiwa-peristiwa tambahan untuk siklus pendapatan dan pengeluaran secara berurutan:
Berikut ditunjukkan cara mengimplementasikan model-model tersebut dalam sebuah databaserelasional:
PENEMPATAN PERISTIWA DAN ATRIBUT SIKLUS PENDAPATAN TAMBAHAN

Pengertian atas pasangan kardinalitas antara peristiwa dan sumber data persediaan serta agen-agen yang berpartisipasi, seharusnya telah dipahami dari pembahasan pada dua bab sebelumnya. Hubungan antara peristiwa Mengambil Pesanan Pelanggan dan Mengisi Pesanan Pelanggan direpresentasikan dengan satu-ke-banyak (one-to-many- 1:N). Kardinalitas minimim merefleksikan bahwa dua peristiwa terjadi secara berurutan. Kardinalitas maksimum merefleksikan fakta bahwa terkadang perusahaan mungkin kehabisan stok satu atau lebih barang yang dipesan.
Hubungan antara peristiwa Mengisi Pesanan Pelanggan dan Mengirim Pesanan adalah 1:1. Kardinalitas minimum merefleksikan fakta bahwa dua peristiwa tersebut berurutan. Kardinalitas maksimum adalah praktik-praktik khusus terbaik yang dilakukan oleh sebagian besar perusahaan.

PENEMPATAN PERISTIWA DAN ATRIBUT SIKLUS PENGELUARAN TAMBAHAN
Satu entitas barunya adalah peristiwa Meminta Persediaan. Banyak perusahaan yang lebih besar ingin secara resmi menyetujui permintaan untuk membeli barang; peristiwa Meminta Persediaan menyediakan sebuah cara untuk mengumpulkan data mengenai aktivitas semacam itu.

PENJUALAN JASA
Berikut sebagian siklus pendapatan untuk penjualan jasa:



Dari gambar dia atas memuat informasi mengenai aktivitas penghasil pendapatan organisasi. Setiap baris mengidentifikasi sejenis jasa tertentu yang disediakan perusahaan.
Berikut sebagian siklus pengeluaran untuk perolehan jasa:


PEROLEHAN JASA TAK BERWUJUD
Sekain untuk pembelian persediaan, peralatan, dan bangunan, organisasi juga memperoleh berbagai jasa tak berwujud seperti akses internet, jasa telepon, dan utilitas.

ASET DIGITAL
Perusahaan yang menjual perangkat lunak, musik, atau foto digital melalui internet menyerahkan salinan digital atas sumber daya tersebut, tetapi bukan sumber daya yang sesungguhnya itu sendiri. Perusahaan semacam itu masih perlu mengumpulkan informasi mengenai pembelian dan pembayaran mereka untuk aset digital tersebut serta perlu melacak pesanan dan pengiriman aset digital tersebut, bersamaan dengan penerimaan pembayaran dari para pelanggannya. Perusahaan juga memerlukan sebuah tabel Persediaan agar para pelanggan dapat melihat jenis produk digital yang tersedia untuk dijual.

TRANSAKSI PERSEWAAN
Beberapa bisnis menghasilkan pendapatannya melalui transaksi persewaan daripada penjualan. Oleh karenanya, pertukaran ekonomi give-to-get dasar melibatkan penggunaan sementara sumber daya yang dikembalikan baik ke penerimaan kas maupun pengembalian lebih lanjut atas sumber daya yang disewakan.
Berikut sebagian siklus pendapatan untuk transaksi persewaan:


FITUR REA TAMBAHAN
Fitur tambahan meliputi: peran pegawai, hubungan agen-peristiwa M:N, lokasi, serta hubungan antara sumber daya dan agen.

PERAN PEGAWAI
Peran yang dimainkan oleh seorang pegawai (misalnya personel penjualan, pegawai gudang). Informasi ini memperkaya diagram REA dan dapat digunakan untuk memverifikasi apakah fungsi pekerjaan dipisahkan secara tepat.

HUBUNGAN AGEN-PERISTIWA M:N
Hubungan antara peristiwa Menerima Persediaan dan pegawai sebagai hubungan M:N. Hal tersebut merefleksikan fakta bahwa banyak pengiriman jumlahnya sangat besar, sehingga beberapa pegawai harus bekerja sama untuk membongkar dan menyimpan barang tersebut. Hubungan agen-peristiwa M:N terjadi ketika sebuah aktivitas dijalankan oleh lebih dari satu pegawai, sebelum manajemen ingin menggunakan kemampuannya untuk mengasi kinerja tiap individu.

LOKASI
Dua entitas baru: Gudang dan Institusi Keuangan. Entitas ini menyimpan informasi mengenai lokasi sumber daya yang disimpan dan peristiwa tertentu berlangsung. Banyak perusahaan memiliki jumlah gudang lebih dari satu. Pasangan kardinalitas yang menghubungkan entitas Gudang dan Persediaan merefleksikan beberapa situasi umum. Sebuah gudang sesekali dapat kosong, tetapi biasanya menyimpan banyak barang persediaan yang berbeda. Sebaliknya, barang persediaan yang sama mungkin disimpan dalam beberapa gudang yang berbeda. Terkadang perusahaan kemungkinan juga ingin memelihara informasi mengenai persediaan yang tidak mereka muat secara normal.

HUBUNGAN ANTARA SUMBER DAYA DAN AGEN
Hubungan M:N antara entitas Persediaan (Sumber Daya) dan entitas Pemasok (Agen). Hubungan ini merefleksikan praktik umum terbaik dari pengidentifikasian pemasok yang diajukan dan pemasok alternatif untuk barang persediaan tertentu. Hubungan serupa antara sumber daya dan pegawai dapat digunakan untuk membuat model pertanggungjawaban dan akuntabilitas.

MODEL REA SIKLUS PRODUKSI
Berikut sebagian diagram REA untuk siklus produksi:


Ada empat peristiwa menarik utama yang disertakan dalam sebuah diagram REA siklus produksi khusus:


  1. Pengeluaran bahan baku.
  2. Penggunaan tenaga kerja dalam produksi.
  3. Penggunaan mesin dan peralatan dalam produksi.
  4. Produksi produk jadi baru, direpresentasikan oleh peristiwa work-in-process.
ENTITAS TAMBAHAN-KEKAYAAN INTELEKTUAL
Tiga jenis entitas khusus- Dokumen Bahan Baku, Daftar Operasi Pekerjaan, dan Daftar Operasi Mesin. Entitas Dokumen Bahan Baku mengandung informasi mengenai bahan baku yang digunakan untuk membuat sebuah produk jadi. Entitas Daftar Operasi Pekerjaan menyimpan instruksi terkait aktivitas tenaga kerja, sedangan Entitas Daftar Operasi Mesin menyimpan instruksi tindakan penggunaan berbagai komponen peralatan. Kedua entitas juga menyimpan data mengenai standar waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan operasi.
Berikut atribut untuk tabel relasional:
PERISTIWA SIKLUS PRODUKSI
Data mengenai bahan baku aktual yang digunakan dalam produksi disimpan dalam entitas Pengeluaran Bahan Baku. Begitu pula dengan informasi mengenai tenaga kerja dan operasi mesin aktual yang dijalankan, termasuk lama waktu aktual yang diperlukan oleh masing-masing aktivitas, mereka disimpan dalam entitas Menjalankan Operasi Pekerjaan dan Menjalankan Operasi Mesin secara berurutan. Kinerja dapat dievaluasi dengan membandingkan data pada tiga entitas peristiwa tersebut dengan informasi tentang standar yang disimpan dalam entitas informasi berhubungan (Daftar Bahan Baku, Daftar Operasi Pekerjaan).
Entitas peristiwa Menjalankan Operasi Pekerjaan merupakan contoh dari peristiwa Memberikan Sumber Daya: Ia mencatat penggunaan waktu pegawai. Peristiwa Menjalankan Operasi Mesin serupa dengan peristiwa Manjalankan Operasi Pekerjaan, kecuali jika ia mencatat informasi mengenai pengunaan komponen mesin atau peralatan tertentu.

FITUR REA BARU
Hubungan 1:N antara pegawai dan supervisor. Tiap pegawai ditugaskan ke seorang supervisor khusus, tetapi setiap supervisor bertanggung jawab atas pegawai yang jumlahnya banyak.

MODEL DATA SDM/PENGGAJIAN KOMBINASI
Berikut Diagram REA terintegrasi untuk siklus SDM/Penggajian:
ENTITAS SIKLUS SDM
Gambar Diagram REA terintegrasi untuk siklus SDM/Penggajian menunjukkan entitas Pegwai dihubungkan hampir ke setiap entitas lain pada diagram tersebut, merefleksikan pentingnya para pegawai untuk organisasi. Entitas Pegawai menyimpan banyak data yang secara khusus ditemukan dalam berkas induk pegawai (peggajian): nama, tanggal dipekerjakan, tanggal lahir, tarif gaji, jabatan, supervisor, jumlah tanggungan, potongan, dan informasi mengenai pengurangan sukarela, seperti rencana 401 (k).
Entitas Keterampilan berisi data mengenai keterampilan kerja berbeda yang berguna bagi organisasi.
Entitas peristiwa Pelatihan merepresentasikan berbagai seminar, program pelatihan, dan peluang lain yang diberikan kepada para pegawai untuk mengembangkan dan memelihara keterampilannya.
Entitas peristiwa Perekrutan menyimpan data mengenai aktivitas yang dijalankan untuk memberitahu publik atas pembukuan lowongan kerja.
Entitas Wawancara menyimpan data mendetail mengenai setiap wawancara kerja.

MELACAK WAKTU PEGAWAI
Bagian pada siklus Produksi yang membahas penggunaan peristiwa Menjalankan Operasi Pekerjaan untuk melacak bagaimana para pekerja pabrik menghabiskan waktu mereka, sehingga biaya tenaga kerja dapat dialokasikan ke produk.

MODEL DATA AKTIVITAS
Sebagian besar organisasi menerbitkan saham dan utang untuk membiayai operasi mereka. Berikut sebagian diagram aktivitas pembiayaan:
Peristiwa Menerbitkan Utang adalah sebuah jenis penerimaan kas khusus; karenanya, ia dihubungkan ke entitas sumber daya Kas.
Pembayaran terkait utang (baik pembayaran bunga periodik atau pembayaran pokok saat jatuh tempo) merupakan pengeluaran kas.
Transksi ekuitas dimodelkan serupa dengan cara transaksi utang.

Penerbitan saham dan utang tidak terlalu sering terjadi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bab 10: Pengendalian Integritas Pemrosesan Dan Ketersediaan

Bab 12: Siklus Pendapatan: Penjualan Dan Penerimaan Kas