Bab 5: Penipuan Komputer


Ketika sistem informasi akuntansi (SIA) tumbuh semakin kompleks dalam memenuhi peningkatan kebutuhan informasi, perusahaan menghadapi risiko pertumbuhan bahwa sistem mereka mungkin dikompromikan. Survei terbaru menunjukkan bahwa 67% perusahaan memiliki cabang keamanan, lebih dari 45 % ditargetkan berdasarkan kejahatan yang terorganisasi, dan 60% dilaporkan merugi secara finansial.
Berikut empat jenis ancaman SIA yang dihadapi perusahaan:
ANCAMAN SIA
Bencana alam dan politik seperti kebakaran, banjir, topan, tornado, badai salju, perang, dan serangan teroris dapat menghancurkan sistem informasi dan menyebabkan kegagalan bagi perusahaan. Contohnya:
  1. Serangan teroris di World Trade Centre di New York City dan Federal Building di Oklahoma City menghancurkan dan merusak semua sistem dalam bangunan tersebut.
  2. Banjir di Chicago menghancurkan atau membahayakan 400 pusat pengolahan data. Banjir di Des Moines, Iowa, membakar komputer kota dibawah air enam kaki. Topan dan gempa bumi telah menghancurkan beberapa sistem komputer dan memotong jalur komunikasi. Sistem lain juga dihancurkan oleh puing reruntuhan, air dari sistem pemancar air dan debu.
  3. Kekhawatiran semestinya yang terjadi pada setiap orang ketika serangan cyber dimilitarisasi: yaitu, dari serangan disruptif ke serangan destruktif.
Kesalahan perangkat lunak, benturan sistem operasi, kegagalan perangkat keras, pemadaman listrik dan flukuasi, dan kesalahan transmisi data yang tidak terdeteksi merupakan ancaman kedua. Contoh kesalahan tersebut antara lain:
  1. Lebih dari 50 juta orang di Northeast ditinggalkan tanpa daya ketika sistem pengendalian industri sebagian dari jaringan listrik yang gagal. Beberapa area benar-benar tanpa daya selama empat hari, dan kerusakan yang dihasilkan mendekati $10 juta.
  2. Di Facebook, sistem otomotis untuk memverifikasi kesalahan nilai konfigurasi bisa menjadi bumerang, membuat setiap klien mencoba untuk mencocokan data yang akurat jika dirasa tidak valid. Sejak pencocokan yang terlibat dalam melakukan query sekumpulan (kluster) database,kluster tersebut segera diselimuti oleh ratusan atau ribuan pertanyaan dalam satu detik. Benturan yang dihasilkan membuat sistem Facebook menjadi offline untuk dua setengah jam.
  3. Sebagai hasil bug sistem pajak, California gagal untuk mengumpulkan $635 juta pajak bisnis.
  4. Sebuah bug di perangkat lunak Burger King mengakibatkan biaya kartu kredit $4.334,33 untuk empat hamburger. Kasir tiba-tiba mengetikkan $4,33 dua kali, yang menyebabkan harga yang terlalu mahal.
Ancaman ketiga adalah tindakan yang tidak disengaja, yaitu tindakan karena kecerobohan manusia, kegagalan untuk mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, dan personel yang kurang dilatih dan diawasi dengan baik. Contoh tindakan yang tidak disengaja termasuk berikut ini:
  1. Petugas entri data pada Mizuho Securities secara salah mengetikkan penjualan untuk 610.000 saham J-Com pada 1 yen dan bukan mengetikkan 1 saham untuk 610.000 yen. Kesalahan tersebut menyebabkan perusahaan mengalami kerugian sebesar $250 juta.
  2. Pemrogram membuat salah satu lini kode kesalahan, sehingga membebankan semua barang di Zappos, pengecer online, seharga $49,95 bahkan beberapa barang yang terjual bernilai ribuan dolar. Perubahan ini terjadi pada tengah malam dan saat terdeteksi adalah pukul 6 pagi, perusahaan telah merugi $1,6 juta atas barang yang dijual jauh di bawah biaya.
  3. Pemrogram bank salah menghitung bunga untuk setiap bulan menggunakan 31 hari. Sebuah kesalahan ditemukan, lebih dari $100.000 kelebihan bunga dibayarkan.
  4. Sebuah spreadsheet Fannie Mae salah menyajikan laba sebesar $1,2 miliar.
  5. UPS kehilangan sekotak pita komputer yang berisi informasi yang sensitif atas $3,9 juta pelanggan Citi grup.
  6. Jefferson County, West Vurginia, mengeluarkan alat pencarian online baru yang menampilkan informasi personal dari 1,6 juta orang.
  7. McAfee, vendor perangkat lunak antivirus, salah mengidentifikasi scvhost.exe, bagian penting dalam sistem operasi Windows, salah satu program terbarunya yang berbahaya. Ratusan ribu PC diseluruh dunia harus di reboot secara manual-proses yang memerlukan 30 menit per mesin. Rumah sakit terbesar ketiga di Rhode Island lumpuh karena kesalahan tersebut. Salah satu perusahaan melaporkan bahwa kesalahan telah membuat mereka merugi $2,5 juta.
Ancaman keempat adalah tindakan yang disengaja seperti kejahatan komputer, penipuan atausabotase (tindakan yang disengaja di mana tunjuannya adalah untuk menghancurkan sistem atau beberapa komponennya). Contoh tindakan yang disengaja mencakup:
  1. Dalam periode tiga tahun terakhir, jumlah jaringan yang mencurigakan meningkatk 700%.
  2. Virus Sobig menimbulkan kerusakan bagi jutaan komputer, termasuk matinya sistem kereta api selama enam jam.
  3. Di Australia, karyawan yang tidak puas dengan perusahaan yang membayak sistem limbah sebanyak 46 kali selama dua bulan.
  4. Pemrogram mampu mengunduh database OpenTable karena cookie (sebuah file teks yang diciptakan oleh situs dan disimpan pada hard drive pengunjung. Cookies menyimpan informasi tentang siapa pengguna dan apa yang telah dilakukan di situs) yang didesain tidak sesuai.
  5. Hacker mencuri 1,5 juta kartu kredit dan debit dari Global Payments, yang mengakibatkan kerugian sebesar $84 juta dan 90% mengalami penurunan laba pada pengungkapan kuartal selanjutnya.
  6. Grup hacker aktivis yang disebut Anonymous memainkan Santa Clause pada suatu hari Natal, mengidentifikasikan mereka "memberikan harapan bagi orang yang kurang beruntung". Mereka dibanjiri permintaan akan iPad, iPhone, piza dan ratusan hal lainnya. Mereka membajak ke dalam bank dan mengirimkan kartu kredit virtual senilai lebih dari $1 juta ke orang-orang.
PENDAHULUAN untuk PENIPUAN
Penipuan (fraud): beberapa dan semua sarana yang digunakan seseorang untuk memperoleh keuntungan yang tidak adil dari orang lain. Secara legal, untuk tindakan dikatakan curang, maka harus ada: 
  1. pernyataan, representasi, atau pengungkapan yang salah,
  2. fakta material, yaitu sesuatu yang menstimulasi seseorang untuk bertindak,
  3. niat untuk menipu,
  4. kepercayaan yang dapat dijustifikasi (dibenarkan); dimana seseorang bergantung pada misrepresentasi untuk mengambil tindakan,
  5. pencederaan atau kerugian yang diderita oleh korban.
Krimal kerah putih (white-collar criminals): para pelaku bisnis yang melakukan penipuan. Kejahatan kerah putih biasanya digunakan untuk menipu atau memperdaya, dan kejahatan mereka biasanya melibatkan pelanggaran kepercayaan atau keyakinan.

Korupsi (corruption): perilaku tidak jujur yang sering kali melibatkan tindakan yang tidak terlegitimasi, tidak bermoral, atau tidak kompatibel dengan standar etis. Contohnya termasuk penyuapan dan persekongkolan tender.

Penipuan investasi (investment fraud): misrepresentasi atau meninggalkan fakta-fakta untuk mempromosikan investasi yang menjanjikan laba fantastik dengan hanya sedikit atau tidak ada risiko. Contohnya termasuk skema Ponzi dan penipuan sekuritas.


PENYALAHGUNAAN ASET
Penyalahgunaan aset (misappropriation of asset): pencurian aset perusahaan oleh karyawan. Contohnya mencakup sebagai berikut:
  1. Albert Milano, manajer Reader's Digest yang bertanggung jawab untuk pemrosesan tagihan, menggelapkan $1 juta selama periode lima tahun.
  2. Wakil presiden sebuah bank menyetujui pinjaman bermasalah senilai $1 miliar sebagai pertukaran untuk $585.000 dalam kickback.
  3. Manajer di surat kabar Florida bekerja untuk kompetitor setelah ia dipecat. Pemberi kerja pertama menyadari bahwa reporternya dimonitor. Investigasi mengungkapkan bahwa manajer tersebut masih memiliki rekening aktif dan kata sandi serta secara reguler mencari filekomputernya untuk informasi dan cerita eksklusif.
  4. Dalam surveri baru-baru ini pada 3.500 orang dewasa, separuhnya mengatakan bahwa mereka akan mengambil properti perusahaan ketika mereka keluar dan mungkin akan mencuri e-datadibandingkan aset. 
Penyalahgunaan umumnya memiliki elemen dan karakteristik yang penting. Para pelaku:
  1. memperoleh kepercayaan atau keyakinan dari entitas yang ditipu,
  2. menggunakan informasi yang penuh dengan tipu muslihat, licik, atau menyesatkan untuk melakukan penipuan,
  3. menyembunyikan penipuan dengan memalsukan catatan atau informasi lainnya,
  4. jarang menghentikan penipuan secara sukarela,
  5. melihat begitu mudah untuk mendapatkan uang ekstra, kebutuhan atau ketamakan akan mendorong orang untuk melanjutkannya. Beberapa penipuan yang mengabadikan diri; jika pelaku berhenti, tindakan mereka akan diketemukan,
  6. menghabiskan uang yang didapatnya secara tidak benar,
  7. menjadi tamak dan mengambil sejumlah uang yang lebih besar pada jangka waktu yang lebih sering akan membuat risiko terungkapnya penipuan meningkat,
  8. tumbuhnya kecerobohan dan terlalu percaya diri selama berlalunya waktu.
KECURANGAN PELAPORAN KEUANGAN
Kecurangan pelaporan keuangan (fraudulent financial reporting): perilaku yang disengaja atau ceroboh, apakah dengan tindakan atau kelalaian, yang menghasilkan laporan keuangan menyesatkan secara material.


SAS NO.99: TANGGUNG JAWAB AUDITOR UNTUK MENDETEKSI PENIPUAN
Statement on Auditing Standards (SAS) No.99, Consideration of Fraud in a Financial Statement Audit, yang efektif pada Desember 2002. SAS No.99 mensyaratkan auditor untuk:
  1. memahami penipuan.
  2. mendiskusikan risiko salah saji kecurangan yang material.
  3. memperoleh informasi.
  4. mengidetifikasi, menilai, dan merespons risiko.
  5. mengevaluasi hasil pengujian audit mereka.
  6. mendokumentasikan dan mengomunikasikan temuan.
  7. menggabungkan fokus teknologi.
SIAPA YANG MELAKUKAN PENIUAN DAN MENGAPA

SEGITIGA PENIPUAN
Untuk sebagian besar pelaku penipuan, semua kebutuhan pelaku adalah kesempatan dan cara pandang kriminal yang memungkinkan mereka melakukan penipuan. Berikut merupakan tiga kondisi ketika penipuan terjadi atau yang disebut segitiga penipuan:
TEKANAN
Tekanan (pressure): dorongan atau motivasi seseorang untuk melakukan penipuan. 
Berikut tekanan yang dapat menyebabkan penipuan karyawan:
Beikut tekanan yang dapat menyebabkan penipuan laporan keuangan:
KESEMPATAN
Kesempatan (opportunity): kondisi atau situasi yang memungkinkan seseorang atau organisasi untuk melakukan dan menyembunyikan tindakan yang tidak jujur dan mengubahnya menjadi keuntungan pribadi. Kesempatan memungkinkan orang untuk melakukan tiga hal berikut ini:
  1. melakukan penipuan.
  2. menyembunyikan penipuan. Lapping: menyembunyikan pencurian uang tunai melalui serangkaian penundaan dalam posting koleksi untuk piutang. Cek kiting (chech kiting):membuat kas dengan menggunakan jeda antara waktu cek didepositokan dengan waktu dicairkan di bank.
  3. mengonversikan pencurian atau misrepresentasi untuk keuntungan personal.
Berikut kesempatan yang memungkinkan penipuan karyawan dan laporan keuangan:

RASIONALISASI
Rasionalisasi (rationalization): alasan yang digunakan para pelaku penipuan untuk membenarkan perilaku ilegal mereka. Rasionalisasi yang paling sering mencakup hal-hal berikut:
  1. saya hanya "meminjam" itu, dan saya akan membayar kembali "pinjaman saya".
  2. anda akan memahami jika anda tahu seberapa besar saya menginginkannya.
  3. apa yang saya lakukan tidak serius.
  4. ini merupakan sebab yang baik (sindrom Robin Hood: mencuri kepada yang kaya untuk memberi kepada yang miskin).
  5. kepercayaan merupakan posisi saya yang penting di atas peraturan.
  6. orang lain melakukannya.
  7. tidak ada yang akan pernah tahu.
  8. perusahaan berutang pada saya; saya tidak akan mengambil selain yang menjadi hak saya.
PENIPUAN KOMPUTER
Penipuan komputer (computer fraud): setiap penipuan yang mensyaratkan teknologi komputer untuk melakukan penipuan. Contohnya:
  1. pencurian, penggunaan, akses, modifikasi, penyalinan, atau penghancuran yang tidak sah pada perangkat lunak, perangkat keras, atau data.
  2. pencurian aset yang ditutupi dengan mengganti catatan komputer.
  3. memperoleh informasi atau properti tak berwujud secara ilegal dengan menggunakan komputer.

MENINGKATNYA PENIPUAN KOMPUTER
Sistem komputer secara khusus rentan terhadap alasan berikut ini:
  1. orang yang masuk dalam database perusahaan dapat mencuri, menghancurkan, atau mengganti sejumlah besar data dalam waktu yang sangat singkat, dan meninggalkan sedikit bukti.
  2. penipu komputer dapat lebih sulit dideteksi dibandingkan jenis penipuan lain.
  3. beberapa organisasi memberikan akses kepada karyawan, pelanggan, dan pemasok ke sistem mereka.
  4. program komputer perlu dimodifikasi secara ilegal hanya sekali untuk mengoperasikan program yang tidak sesuai selama program tersebut dapat digunakan.
  5. komputer pribadi (personal computer - PC) sangat rentan.
  6. sistem komputer menghadapi sejumlah tantangn unik: kendala, kegagalan peralatan, ketergantungan pada daya, kerusakan dari air atau api, kerentanan terhadap interferensi elektromagnetik dan interupsi, serta mendengarkan pembicaraan yang tidak seharusnya didengar.
Sejumlah insiden, nilai dolar mengalami penurunan, serta kecanggihan pelaku dan skema yang digunakan untuk melakukan penippuan komputer meningkat dengan cepat karena beberapa alasan berikut:
  1. tidak semua orang sependapat dengan apa yang termasuk penipuan komputer.
  2. banyak contoh penipuan komputer tidak terdeteksi.
  3. persentase penipuan yang tinggi tidak dilaporkan.
  4. banyak jaringan yang tidak aman.
  5. situs internet menawarkan instruksi langkah demi langkah pada bagaimana melakukan penipuan komputer dan penyalahgunaan.
  6. penegak hukum tidak dapat menjaga pertumbuhan penipuan komputer.
  7. mengjitung kerugian sangat sulit.
KLASIFIKASI PENIPUAN KOMPUTER


INPUT PENIPUAN

Contoh:
  1. seorang pria membuka rekening bank di New York dan memiliki cetakan slip setoran bank kosong yang sama dengan yang tersedia di lobi bank, kecuali nomor rekeningnya yang berbeda. Ia mengganti slip setoran di lobi bank dengan yang ia palsukan. Selama tiga hari, simpanan di bank menggunakan slip yang dipalsukan masuk ke rekeningnya. Pelaku mengambil uang dan menghilang. Pelaku tidak pernah ditemukan.
  2. seorang pria menggunakan desktop untuk mempersiapkan tagihan perlengkapan kantor yang tidak pernah dipesan atau dikirim dan dikirimkan mereka ke perusahaan lokal. Fakturnya kurang dari $300, jumlah yang sering kali tidak membutuhkan persetujuan pesanan pembelian. Persentase tagihan yang tinggi harus dibayar oleh perusahaan.
  3. Karyawan pada Veteran's Memorial Coliseum menjual tikel pelanggan berharga penuh, memasukkannya sebagai tiket separuh harga dan mengantongi selisihnya.
  4. Karyawan jalur kereta api memasukkan data untuk menghilangkan data lebih dari 200 mobil jalur kereta api.
  5. Perusahaan memberikan dukungan teknis membuat duplikat persis dari cek yang digunakan untuk membayarnya, menggunakan pemindai off-the-shell, perangkat lunak grafis, dan printer.

PENIPUAN PROSESOR
Penipuan prosesor merupakan penggunaan sistem yang tidak sah, termasuk pencurian waktu dan layanan komputer.
Contohnya:
Perusahaan asuransi mengintal perangkat lunak untuk mendeteksi aktivitas sistem yang abnormal dan menemukan bahwa karyawan menggunakan komputer perusahaan untuk menjalankan situs judi ilegal.
Dua akuntan tanpa hak akses yang sesuai menyusup ke dalam sistem opsi saham Cisco, mentransfer lebih dari $6,3 juta saham Cisco untuk rekening broker mereka, dan menjual saham.

PENIPUAN INSTRUKSI KOMPUTER
Penipuan instruksi komputer termasuk merusak perangkat lunak perusahaan, menyalin perangkat lunak secara ilegal, menggunakan perangkat lunak dengan cara yang tidak sah, dan mengembangkan perangkat lunak untuk aktivitas yang tidak sah.

PENIPUAN DATA
Secara ilegal dengan menggunakan, menyalin, mencari, atau membahayakan data perusahaan merupakan penipu data.
Berikut beberapa contoh pencurian data:

  1. Manajer kantor biro hukum Wall Street menjual informasi ke temen dan kerabat mengenai merger dan akuisisi prospektif yang ditemukan dalam file Word.
  2. Pria Kazakhtan berusia 22 tahun masuk ke dalam jaringan Bloomberg dan mencuri informasi rekening, termasuk milik Michael Bloomberg, Wali Kota New York dan pendiri perusahaan berita keuangan.
  3. Seorang insinyur perangkat lunak mencoba untuk mencuri rencana mikroprosesor Intel yang baru.
  4. Kriminal cyber menggunakan hacking canggih dan teknik pencurian identitas untuk membajak tujuh rekening pada perusahaan broker online besar.
  5. Departement of Veterans Affairs Amerika Serikat dituntut karena laptop karyawan yang berisi catatan 26,5 juta veteran dicuri, mengeksposnya ke pencurian identitas.
OUTPUT PENIPUAN
Tampilan atau cetakan output dapat dicuri, disalin, atau disalahgunakan.

MENCEGAH DAN MENDETEKSI PENIPUAN DAN PENYALAHGUNAAN
Berikut ini beberapa cara untuk mencegah dan mendeteksi penipuan:





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bab 19: Topik Khusus Dalam Pemodelan Rea

Bab 10: Pengendalian Integritas Pemrosesan Dan Ketersediaan

Bab 12: Siklus Pendapatan: Penjualan Dan Penerimaan Kas